Manfaat GT dalam Belajar Bahasa Inggris
MENGAJAR Bahasa Inggris dikatakan gampang-gampang susah pada masa sekarang. Gampang dan susah bisa terjadi karena adanya pengham- bat dan faktor yang mempermudah. Guru yang mampu mengenali karakteristik siswa, bisa mencoba berbagai cara untuk mengatasi persoalan kesulitan belajar Bahasa Inggris. Latar belakang siswa dan minat menjadi salah satu cara guru mencari solusi untuk memban- tu belajar serta meningkatkan prestasi siswa.
Salah satu penghambat pembelajaran dan pemahaman siswa, khususnya pada mata lah kurang paham makna kata. Sering dijumpai di sekolah atau madrasah, siswa kesulitan mengidentifikasi makna kata sehingga tujuan dari setiap KD (Kompetensi Dasar) dari setiap tema. Akibatnya, tidak mendapatkan hasil sesuai harapan guru maupun kurikulum satuan pendidikan.
English skill (empat kemam- puan yang harus dimiliki siswa) pada tataran SMP/MTs saat ini memang belum bisa dirasakan. Selain faktor sarana dan pra- sarana, input siswa dan kurang kreatif pengajar menjadi per- soalan yang saling terkait. Seorang guru mencari terobosan agar belajar Bahasa Inggris menjadi lebih mudah dan tidak menakutkan. Mudah dan tidak menakutkan diyakini mampu menjawab persoalan siswa untuk belajar Bahasa Inggris lebih baik.
Memilih sarana tepat untuk meningkatkan hasil prestasi siswa bisa dilakukan oleh guru dengan menggunakan barang, benda, dan lingkungan sekitar. Bahkan, sangat memungkinkan gadget yang hampir dimiliki siswa bisa dip- akai oleh guru sebagai alat mempercepat, mempermudah, serta meringankan beban siswa
Hasil di lapangan ditemukan bahwa siswa sangat terbantukan dengan android atau gadget yang mereka miliki. Khusus dalam pembelajaran bahasa Inggris penggunaan GT atau Google Translate dari hasil pengamatan penulis menunjukkan hal yang positif.
Siswa tidak kesulitan dalam Memahami makna teks bahasa Inggris maupun dialog dalam lingkungan sekitar sekolah. Tugas dari guru untuk meng- artikan, menjawab soal, mereka begitu gampang dan lancar menjawabnya. Untuk itu, perlu sosialisasi dari para pengajar khususnya guru bahasa Inggris agar siswa menggunakan sarana GT ini.
Pertanyaan berikutnya adalah, apakah sudah efektif ketika pembelajaran bahasa Inggris berbasis GT. Jawabannya adalah tidak selalu, karena siswa hanya bisa mengetahui makna secara umum bacaan atau dialog, tetapi secara perkata siswa harus mengarahkan penggunaan GT secara proporsional agar tujuan maksimal bisa dihasilkan.
Guru diharapkan memberikan penjelasan yang pasti dari manfaatnya GT. Pertama, gunakan GT untuk mengartikan kosa kata yang sulit dan bacaan atau teks. Karena dengan cepatnya siswa mengetahui makna kata, memungkin minat belajar semakin bertambah. Kedua, setelah selesai mengartikan dengan GT, siswa harus mengetahui cara baca setiap kata, menekan tombol speaker pada GT, maka akan terdengar bacaan secara otomatis. ketiga siswa mencatat pronunciation (cara pengucapan) dari setiap kata yang dianggap sulit pelafalannya. Keempat, siswa diharapkan juga membuat daftar kosa kata dari hasil terjemahannya lewat GT. Manfaat perkembangan teknologi seharusnya bisa ditangkap oleh guru sebagai sarana pembelajaran yang memudahkan, menyenangkan, memahamkan dan sesuai dengan kebutuhan anak zaman sekarang
Abdul Rozak, S.Pd,M.Si. Guru Bahasa Inggris MTs Al Islam Limpung Kabupaten Batang
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Web browser (Materi Kelas IX semester Gasal)
BROWSER Definisi Browser Browser adalah perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan untuk mengakses dan menavigasi halaman web di internet. Dengan bantuan browser, pengguna dapat men
Pembelajaran Daring (Online) Bahasa Arab Kelas 8 MTs Semester 2 Bab 4 Ar-Riyadhoh (Olahraga)
Berikut adalah video pembelajaran Bahasa Arab Kelas 8 MTs Semester 2 Bab 4 Ar-Riyadhoh (Olahraga) yang sesuai dengan Buku Bahasa Arab KMA 183. Video ini berisi pembelajaran Mufrodat (Ko
Video Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 7 MTs Semester 2 Bab 4 Al-Unwan (Alamat)
Berikut adalah materi pembelajaran daring (online) Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 7 MTs Bab 4 Al-Unwan (Alamat). Berisi Kegiatan 1 yaitu Mufrodat (Kosakata) tentang Alamat dan nomor (